Meti Kei Terluas di Dunia

0
34

Meti Kei Terluas ya disini di Pantai Ohoidertawun dengan panjang dari bibir pantai hingga ke ujung tebing-tebing mencapai 2,5 km s/d 3 km, dan saat itulah pantai ini akan menampakkan hamparan pasir putih sejauh mata memandang.

Meti dalam bahasa Maluku sehari-hari dikenal dengan kata Bokek atau Kantong Kering istilah Jakartanya, dan Kei sendiri adalah nama daerahnya atau pulau kei itu sendiri, nah kalau di sebut Meti Kei ya berarti air surut terluas di Kei, bahkan terluas di Indonesia dan salah satu terluas di Dunia.

Wah keren khan?.. nah yang enggak kalah kerennya tebing-tebing karst ini juga mengeluarkan mata air pada musim kering, biasanya penduduk memanfaatkan sumber air yang keluar dari celah-celah tebing ini untuk mencuci pakaian, sembari memungut kerang. Semua hanya bisa dilakukan pada saat meti.

Pantai Ohoidertawun sendiri merupakan pantai yang sangat landai, dan saat meti inilah yang ditunggu wisatawan asing, untuk berjemur di tengah meti sangat mereka sukai, tak jarang pula anak-anak berlarian dan bermain sepak bola, serta aktivitas mencari karang pun sering dilakukan oleh penduduk Desa sekitar Ohoidertawun.

Loc : Ohoidertawun, Kei Kecil, Sotheast Maluku Regency, Maluku, Indonesia

SHARE
Next articleMisteri Gua Luvat di Ohoidertawun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here