Mendagri : Sekeping Surga Jatuh di Kepulauan Kei

Ungkapan ini disampaikan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, saat memberikan sambutan pada puncak pelaksanaan Festival Pesona Meti Kei yang dipusatkan di Lokasi Wisata Ngur Bload-Ohoi Ngilngof Kecamatan Manyeuw Kabupaten Maluku Tenggara. Sabtu (22/10).

Ia mengatakan kekagumannya akan potensi pariwisata Kei – Kabupaten Maluku Tenggara; tertutama saat melihat keindahan pantai Ngurblloat dimana pantai ini memiliki pasir putih yang halus mencapai 5 KM dan para pengunjung akan menikmati air laut yang tenang, Terbenamnya Matahari di Sore hari dengan sunset yang indah. Lebih lanjut dalam sambutannya Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa setelah melihat Kepulauan Kei benar ada sekeping sorga jatuh didaerah ini, hal ini disampaikan Menter Dalam Negeri saat memberikan sambutan pada puncak pelaksanaan Festival Pesona Meti Kei yang dipusatkan di Lokasi Wisata Ngur Bload-Ohoi Ngilngof Kecamatan Manyew Kabupaten Maluku Tenggara. Sabtu (22/10).

Ditegaskan bahwa jika wilayah Kabupaten Maluku Tenggara Barat dibangun sektor pertahanan dan Kemananan karena berbatasan dengan negara tetangga, maka Kepulauan Kei dibangun Pariwisatanya agar lebih maju, Kata Mendagri. Menurutnya ada tiga hal yang perlu diketahui dan layak untuk para wisatawan mengunjungi Kepulauan Kei yaitu Pesona Alam yang indah, Memiliki Potensi Wisata Pantai termasuk Goa-goa dan adat budaya yang kuat. Selain itu daerah ini memiliki potensi kuliner yang luar biasa serta kehidupan warga Kei yang memiliki keramahan senyum terhadap semua orang. Karena itu Kepulauan Kei layak dikunjungi wisatawan Domestik maupun Internasional karena alam laut dan budaya yang luar biasa bagusnya. Sehubungan dengan permintaan Pemerintah Daerah untuk memperpanjang landasan Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan Ia akan berusaha/mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo untuk membangun tambahan landasan Bandara Karel Sadsuitubun-Maluku Tenggara sehingga pesawat berbadan lebar akan masuk dan mendukung Pariwisata Kepulauan Kei sehingga ada penerbangan langsung ke langgur tanpa transit di Ambon. Mendagri mengatakan Ia terpesona dengan keindahan alam negeri Kei sehingga Ia akan mengusulkan kepada Presiden agar hari Nusantara tahun 2017 dipusatkan di Kepulauan Kei-Maluku Tenggara dimana presidean akan berkunjung dan bermalam di Bumi Kei. Hadir bersama Mendagri yaitu Gubernur Maluku, Pangdam 16 Patimura Mayjen TNI Doni Monardo, sejumlah Dirjen dari Kementerian terkait